Menu

Mengatasi Gejala Flu dengan Cara Alami Tradisional

February 12, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Flu atau juga dikenal dengan influenza merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus penyebab flu menyerang organ pernafasan, dari hidung, tenggorokan, hingga ke organ paru-paru. Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah demam,  pilek, sakit kepala, nyeri tenggorokan, nyeri otot, dan kadang-kadang disertai dengan batuk.

Penyakit ini mudah sekali menular melalui udara, kontak dengan kulit yang tercemar oleh virus, batuk, bersin, dan melalui alat makan. Obat pereda flu memang telah banyak dijual bebas. Anda bisa memilih jenis dan merk obat tertentu yang cocok, namun sebaiknya cobalah untuk mengatasinya dengan berbagai tips berikut ini;

  • Minum air putih

Jika Anda merasakan gejala flu, jangan diabaikan begitu saja karena flu akan semakin parah dan semakin sulit sembuh. Pertolongan pertama adalah perbanyaklah untuk minum air putih hangat, minimal 8 gelas sehari. Hal ini penting untuk meredakan demam tubuh dan mengurangi sakit kepala.

  • Beristirahat

Beristirahatlah yang nyaman karena istirahat sangat penting untuk memulihkan stamina Anda yang menurun karena sakit. Jika Anda merasa kedinginan, pakailah selimut yang tebal namun menyerap keringat, misalnya selimut yang terbuat dari bahan katun. Jangan lupa untuk mengenakan kaos kaki. Dan jika Anda sudah merasa berkeringat, lepaskan selimut Anda.

  • Mandi dengan air hangat

Jika Anda mengalami gejala flu upayakan untuk selalu mandi dengan menggunakan air hangat agar tidak kedinginan dan semakin memperburuk kondisi tubuh Anda.

  • Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan membantu  mempercepat proses penyembuhan penyakit. Sayur dan buah bisa dikonsumsi secara langsung atau diminum dalam bentuk jus.

  • Jeruk nipis

penyakit fluJeruk nipis dikenal  sebagai bahan baku berbagai ramuan tradisional. Jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat flu alami tradisional. Caranya; siapkan 1 buah jeruk nipis, cuci dan peras airnya. Tambahkan ½ air hangat dan tambahkan 2-3 sdm madu asli. Aduk rata dan minumlah. Minumlah 2 kali sehari secara teratur, niscaya dalam 3-4 hari gejala flu akan berkurang.

  • Terapi mentol atau mint

Cara ini dilakukan untuk mengurangi gejala flu. Caranya; oleskan balsam di dekat lubang hidung, leher dan dada. Atau bisa pula balsam di masukkan dalam  sepanci air panas, lalu hirup dalam-dalam uapnya hingga pernafasan Anda merasa lebih longgar.

  •  Gunakan bawang putih

Bawang putih mengandung zat kimia alami yang bermanfaat sebagai katalis yang bisa membantu mengeluarkan lendir pada hidung. Bawang putih telah lama digunakan oleh orang-orang Cina sebagai obat pilek tradisional. Bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung atau buatlah sop dengan tambahan bawang putih yang lebih banyak.

  • Manfaatkan rempah-rempah

Manfaatkan rempah-rempah  di sekitar Anda untuk membuat ramuan obat flu alami tradisional. Ada beberapa resep yang bisa Anda coba.

Resep 1

Siapkan  1 rimpang jahe ukuran sedang, kencur seukuran ibu jari,  beberapa lembar daun kemangi, dan sereh secukupnya. Cuci bersiih semua bahan dan rebus dalam 200 ml air hingga mendidih. Saring dan tambahkan sedikit gula batu. Aduk rata dan minum selagi hangat. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur. Jika Anda rajin melakukannya, maka gejala flu akan mereda dalam 3-4 hari.

 

Resep 2

Siapkan 1 rimpang jahe ukuran sedang, cuci bersih dan ditumbuk halus/ diparut. Tambahkan sedikit air lalu saring airnya. Tambahkan 2 sdm madu asli. Aduk hingga rata lalu minum. Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari selama 3-4 hari.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi flu dengan pengobatan cara alami tradisional. Selamat mencoba!

 

 

 

Komentar

Related For Mengatasi Gejala Flu dengan Cara Alami Tradisional