Menu

Berbagai Macam  Gangguan Pencernaan dan Cara Mengobatinya

February 7, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Sistem pencernaan adalah sistem dalam tubuh manusia yang  bertugas untuk menerima makanan, mencerna dan mengolahnya menjadi sari makanan yang bisa terserap oleh tubuh. Kemudian sistem juga bertugas untuk menyalurkannya ke seluruh tubuh melalui darah. Sistem juga bertugas membuang sisa dari hasil pengolahan yang tidak terpakai melalu anus. Maka secara rinci, sistem pencernaan dimulai dari mulut-kerongkongan-lambung-usus kecil-usus besar-usus halus-anus. Pankreas, hati, dan empedu juga termasuk organ yang berpengaruh pada sistem pencernaan, namun terletak di luar saluran pencernaan.

gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan permasalahan kesehatan yang terjadi pada satu atau beberapa organ sistem pencernaan. Gangguan pencernaan juga dikenal sebagai penyakit pada sistem pencernaan. Penyebabnya bermacam-macam, antara lain pola makan,  bakteri yang bersifat merugikan, kebiasaan merokok, kebiasaan minum alkohol, kecemasan, konsumsi obat-obatan tertentu, dan sebagainya.

Gangguan pencernaan menimbulkan beberapa gejala seperti  mual, kembung, perih, nyeri, dan  perasaan penuh pada lambung. Kadang-kadang disertai dengan rasa panas, sesak,  dan  nyeri pada ulu hati. Pada kasus lain, gangguan pencernaan juga menyebabkan rasa mulas dan sakit perut, bahkan bisa menyebabkan diare atau infeksi usus. Beberapa contoh gangguan pencernaan yang sering terjadi adalah penyakit maag (penyakit refluks gastroesofagus),  keracunan makanan, dan penyakit usus buntu.

Maag
Maag merupakan salah satu gangguan pencernaan yang paling sering terjadi. Gejalanya adalah mual, nyeri pada lambung hingga ulu hati, dan perasaan penuh pada lambung. Penyebabnya adalah meningkatnya asam lambung akibat banyak pikiran atau setelah mengkonsumsi jenis makanan yang berkadar lemak tinggi,  asam atau pedas. Maag juga dikenal sebagai refluks gastroesofagus (penyakit asam lambung).

Cara mengatasinya cukup dengan mengubah pola makan. Anda hanya perlu mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, serta menghindari makanan yang pedas atau asam. bisa juga dengan mengoleskan minyak herbal kutus kutus .Dokter juga memberikan obat jenis antasida yang bermanfaat untuk menetralisir asam lambung.

Keracunan makanan
Keracunan makanan terjadi karena makanan yang tercemar oleh beberapa bakteri seperti  E. Coli dan Salmonella. Atau makanan telah tercemar oleh lalat, dan bisa pula karena makanan sudah basi atau sudah lewat batas kadaluwarsanya. Seseorang yang mengalami keracunan makanan akan menunjukkan gejala demam, lemas,  mual, muntah, nyeri perut, hilang nafsu makan, hingga diare.

Agar terhindar dari keracunan makanan maka sebaiknya makanan (sayur) dicuci hingga bersih sebelum dimasak, dan cara pengolahannya harus hingga matang. Selain itu sebelum menyentuh makanan hendaknya tangan dicuci terlebih dahulu menggunakan sabun. Dan jangan lupa agar selalu menutupi makanan dan minuman dengan benar agar lalat tidak singgah.

Penderita keracunan yang tergolong ringan bisa dirawat di rumah dan harus banyak minum air putih untuk menetralkan racun dan mengganti cairan yang hilang. Dan akan jauh lebih baik jika minum oralit. Jika Anda ingin menempuh cara tradisional, ada obat alami untuk gangguan pencernaan ini, yaitu dengan kunyit.

Caranya; ambil kunyit sebesar ibu jari sebanyak 4 rimpang. Cuci bersih dan parut. Selanjutnya tambahkan 5 sendok makan air matang, campurkan hingga merata lalu saring. Tambahkan 1 sdm madu asli. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari.
Pada kondisi yang lebih parah dimana penderita sudah mengalami dehidrasi berat, maka satu-satunya cara adalah dibawa  ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif.

Komentar

Related For Berbagai Macam  Gangguan Pencernaan dan Cara Mengobatinya