Menu

Cara Mengatasi Alergi Obat serta Beberapa Alergi Lainnya

February 14, 2016 | Info kesehatan

Alergi obat  merupakan salah satu jenis alergi sebagai akibat dari sistem kekebalan tubuh yang bereaksi secara berlebihan terhadap jenis obat  tertentu yang di konsumsi. Sistem kekebalan telah mengidentifikasi secara keliru sehingga obat tertentu yang masuk ke tubuh dianggap sebagai zat berbahaya.

cara mengatasi alergi obat

Beberapa obat yang berpotensi menyebabkan alergi umumnya adalah golongan obat antibiotik misalnya penicilin dan antibiotik yang mengandung sulfonamid. Obat-obat pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen terkadang juga bisa menyebabkan alergi. Alergi obat bisa dialami oleh seseorang yang sensitif terhadap obat-obatan. Namun jika seseorang alergi terhadap jenis obat A, bisa jadi ia tidak alergi terhadap obat B. Misalnya jika seseorang alergi terhadap obat antibiotik jenis penilicin, mungkin ia cocok dengan obat antibiotik lain misalnya amoxicillin, dan sebagainya.

Gejala alergi obat biasanya adalah gatal-gatal, ruam pada kulit, kulit bengkak, terkadang juga disertai demam. Pada gejala yang lebih parah terkadang timbul sesak nafas, mual atau muntah, tekanan darah menurun, diare, hingga kehilangan kesadaran (pingsan). Gejala-gejala tersebut timbul beberapa saat setelah minum obat. Pada beberapa kasus, gejala baru muncul setelah beberapa hari.

Penyebab alergi obat hingga kini belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan merupan faktor genetika. Jadi apabila ayah atau ibu mengalami alergi obat, kemungkinan anak-anak dan cucunya ada yang mengalami alergi obat juga.

Jika Anda atau kerabat Anda mengalami alergi harus segera diatasi sesegera mungkin. Cara mengobati alergi obat adalah dengan  menghentikan konsumsi obat penyebab alergi. Anda juga perlu mengkonsumsi obat untuk meredakan alergi tersebut. Untuk lebih amannya konsultasikan hal ini pada dokter.

Ada pula alergi lain yaitu alergi setelah mengkonsumsi jenis makanan tertentu seperti ikan asin, kerang, atau udang. Orang yang sensitif terhadap makanan-makanan tersebut umumnya akan mengalami gatal-gatal pada kulit. Jika Anda mengalami gejala ini maka konsumsilah obat alergi kulit gatal yaitu jenis CTM, cetirizin, loratadin, dan difenhidramin.

Alergi lainnya  antara lain alergi debu  dan alergi dingin yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Orang yang mengalami alergi debu biasanya akan bersin-bersin jika hidungnya mencium  debu walau sedikit. Gejala-gejala tersebut bisa berlangsung berulang-ulang dan sangat mengganggu. Cara mengatasinya; hindari tempat yang berdebu dan selalu mengenakan masker jika berada di tempat-tempat yang rawan debu.

Orang yang mengalami alergi dingin akan segera bereaksi jika berada pada temmpat bersuhu dingin, misalnya di pegunungan, ruangan ber-AC, atau pada saat pagi hari. Umumnya kulit akan terlihat kemerahan seperti digigit nyamuk dan terasa gatal. Cara mengatasinya dengan menghangatkan kulit, misal diseka dengan sebotol air hangat, menggunakan minyak kayu putih dan bisa juga meminum obat gatal karena alergi seperti CTM. Selain dengan obat-obatan, alergi juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami seperti berikut ini;

  • Teh

Teh hitam maupun teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaaty untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meredakan alergi. Konsumsilah segelas teh hitam atau teh hijau 2-3 kali sehari.

  • Madu

Madu juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alergi. Sebagai langkah pencegahan konsumsilah 1 sdm madu asli setiap hari. Untuk mengobati alergi konsumsilah madu asli 3 kali sehari, masing-masing 2 sdm.

  • Kacang kenari

Kacang kenari memiliki kandungan zat omega-3 dan alpha-linolenic acid yang bermanfaat untuk meringankan gejala alergi. Jenis kacang ini juga mengandung  lemak yang membantu menjaga kekebalan tubuh.

  • Jahe

Jahe kaya akan khasiat, antara lain untuk mengobati influenza dan menambah stamina. Dan ternyata jahe juga bisa membantu mengatasi alergi. Caranya; siapkan 1 rimpang  15 jahe, 30 ml rice vinegar, dan gula merah secukupnya. Rebus semua bahan dalam 400 ml air hingga air rebusan tersisa separuh. Saring dan minum setiap hari secara teratur.

Alergi banyak macamnya, dan semuanya bisa diatasi dengan menggunakan obat-obat kimia atau dengan obat tradisional. Silakan Anda memilih cara mana yang Anda suka dan sesuai dengan  keadaan Anda. Semoga bermanfaat.

 

 

Komentar

Related For Cara Mengatasi Alergi Obat serta Beberapa Alergi Lainnya