Menu

Cara Mengatasi Penyakit Demam Berdarah dengan Obat Tradisional

February 13, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

penyakit demam berdarahDemam berdarah atau DBD  merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini tergolong wabah, jadi jika ada satu atau beberapa orang yang terkena maka akan mudah mengenai banyak orang dalam satu wilayah. Maka umumnya bila ada penderita demam berdarah, Dinas Kesehatan akan segera mengirimkan petugasnya untuk melakukan pembasmian dengan semprotan insektisida.

Gejala demam berdarah yang paling umum adalah demam tinggi yang bisa mencapai suhu  hingga 41 derajat Celsius, sakit kepala, nyeri pada otot dan persendian, buang air besar bercampur dengan darah, hingga munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Pada beberapa penderita yang sudah parah bisa terjadi perdarahan melalui hidung (mimisan). Jika dilakukan rontgen maka akan tampak adanya pembesaran hati, dan jika dilakukan cek darah maka akan tampak penurunan jumlah trombosit dalam darah hingga di bawah 100.000/mm3. Demam berdarah jika terlambat ditangani bisa menyebabkan kematian.

Sebenarnya demam berdarah bisa dialami oleh siapa saja, tidak pandang usia. Namun anak-anak tergolong yang paling rentan karena nyamuk Aedes aegypti menggigit pada siang-sore hari antara pukul 10.00 hingga sekitar pukul 14.00. Pada waktu tersebut biasanya anak-anak dan balita sedang tidur, jadi kadang-kadang ibu bisa saja lengah tidak tahu kalau anaknya digigit nyamuk. Gejala demam berdarah pada anak juga tidak jauh bedanya. Yang pasti anak akan sering menangis atau rewel.

Untuk mengobati demam berdarah biasanya penderita akan menjalani rawat inap di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Selanjutnya dokter akan memberikan jenis obat parasetamol dan pemberian infus untuk mencegah dehidrasi.  Umumnya penyakit akan sembuh dalam 1-2 minggu.

Anda pun bisa mengobati penyakit demam berdarah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Nah, berikut ini beberapa obat tradisional demam berdarah yang bisa Anda coba;

  • Buah jambu biji

Anda bisa mengkonsumsi buah jambu biji yang telah matang. Buah ini dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Cara yang lebih praktis adalah dengan mengkonsumsi buah ini dalam bentuk jus. Konsumsilah jus jambu biji 2-3 kali sehari secara teratur hingga kondisi Anda membaik.

  • Daun jambu biji

Selain buah jambu biji, ternyata daun jambu biji juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati demam berdarah karena memiliki bermanfaat sebagai antibiotik  dan juga dapat meningkatkan jumlah trombosit.

Caranya; ambil beberapa lembar daun jambu biji, cuci bersih dan rebus dalam 200 ml air hingga mendidih. Selanjutnya saring dan minum airnya. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari secara teratur.

  • Meniran

Tanaman yang memiliki nama latin  Phyllanthus Niruri ini mengandung tanin,  flavonoid, triterpenoid dan asam fenoleat sehingga berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain diare, ginjal, batuk, dan juga demam berdarah.

Caranya; siapkan 10 gram meniran dan 10 gram daun pegagan. Cuci bersih kemudian direbus dalam 5 gelas air hingga air rebusan tersisa 3 gelas saja. Saring dan minumlah ramuan ini 3 kali sehari masing-masing 1 gelas. Lakukan pengobatan ini secara teratur.

  • Daun dewa

Daun dewa menjadi salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan sebagai obat demam berdarah. Caranya; siapkan 30 gram daun dewa yang masih segar, cuci bersih kemudian direbus dalam 600 ml air hingga air rebusan tersisa separuh. Saring dan minumlah ramuan ini  2 kali sehari secara teratur.

Demikian beberapa obat tradisional untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Selanjutnya agar terhindar dari penyakit demam berdarah jagalah selalu kebersihan rumah dan lingkungan Anda. Jangan lupa untuk menerapkan prinsip 3 M, yaitu Mengubur wadah yang tidak terpakai, Menguras bak mandi minimal 2 kali seminggu, dan Menutup bak mandi/ wadah yang bisa dijadikan sarang nyamuk. Selain itu jika Anda memiliki bayi atau balita gunakan kelambu anti nyamuk agar anak terhindar dari penyakit demam berdarah. Semoga bermanfaat!

 

 

Komentar

Related For Cara Mengatasi Penyakit Demam Berdarah dengan Obat Tradisional