Menu

Cara Menyembuhkan Penyakit Ambeien Secara Tradisional

February 10, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Ambeien  atau sering disebut wasir merupakan pembengkakan yang terjadi pada  pembuluh darah di sekitar  anus atau di dalam anus. Penyebabnya  antara lain kurang makanan berserat, terlalu lama duduk, dan sering mengejan saat buang air besar. Beberapa orang yang memiliki resiko besar mengalami ambeien adalah orang dengan riwayat keluarga penderita ambeien, wanita hamil, penderita obesitas, orang yang mengabaikan pola makan sehat (kurang sayur dan buah), dan orang yang berusia di atas 45 tahun. Beberapa gejala ambeien antara lain terdapat benjolan di luar anus, rasa gatal di sekitar anus, dan adanya pendarahan setiap buang air besar.

penyakit ambeien

jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut cobalah untuk memastikannya dengan cara periksa ke dokter. Jika kondisi penyakitnya belum parah dokter akan memberikan jenis obat pereda sakit dan obat untuk memperlancar buang air besar. Namun jika ambeien sudah parah, maka cara pengobatan yang dilakukan adalah operasi.
Selain dengan cara medis, cara mengobati ambeien juga bisa dilakukan degan cara non medis, yaitu dengan membuat ramuan  tradisional dari bahan-bahan alami di sekitar kita. Berikut adalah beberapa resep yang bisa Anda coba;

  • Ramuan Kulit Manggis

Buah Manggis dan kulit manggis  mengandung berbagai senyawa dan nutrisi yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Salah satu zat yang terkandung adalah zat xanthone yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit. Kulit manggis juga bermanfaat sebagai obat herbal ambeien yang manjur.  Caranya; siapkan beberapa kulit manggis secukupnya, bersihkan lalu keringkan. Kemudian rendam kulit manggis dalam  air mendidih, tunggu hingga beberapa saat, selanjutnya saring dan minum airnya. Minumlah ramuan ini setiap hari secara teratur.

  •  Ramuan Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung berbagai macam zat penting yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, antara lain gentisic acid, gigantetronin acetogenins, linoleic acid, annocatacin,   annocatalin, annonacin, annomuricin, annohexocin, dan anomurine. Maka daun sirsak juga manjur untuk mengobati penyakit ambeien. Caranya; ambil beberapa lembar daun sirsak secukupnya. Selanjutnya cuci bersih dan rebus dalam 300 ml air hingga mendidih. Kemudian saring dan minumlah ramuan ini setiap hari secara teratur.

  • Daun Bandotan

Tanaman Bandotan atau babandotan  sangat banyak ditemui di  Indonesia. Tanaman ini  tumbuh dengan subur di  tepi jalan, di semak-semak, area persawahan, atau di mana saja.  Ternyata tanaman bandotan ini bisa dimanfaatkan daunnya sebagai obat ambeien tradisional. Terdapat beberapa cara untuk membuat obat  tradisional dengan bahan baku dari daun babandotan, yaitu seperti berikut ini;

  • Cara pertama;

Siapkan 5 helai daun bandotan muda, bersihkan dan gulung dengan tangan. Kemudian masukkan ke dalam anus Anda . Lakukan hal ini setiap hari dalam weaktu sekitar 2 minggu.

  • Cara kedua;

Ambil 5-7 helai daun bandotan muda, bersihkan lalu rendam dalam  200 ml air mendidih. Selanjutnya saring dan minum ramuan ini setiap hari selama 2 minggu.
Selain melakukan berbagai cara pengobatan tersebut, alangkah baiknya jika Anda juga mengimbanginya dengan langkah-langkah berikut ini agar pengobatan ambeien bisa lebih maksimal;

  • Selalu menjaga kebersihan

Selalu mnenjaga kebersihan saat  buang air kecil maupun buang air besar untuk menghindari kontaminasi kuman yang akan menyebabkan penyakit ambeien bertamba parah.

  • Jangan menahan buang air kecil dan buang air besar

Ketika ingin buang air, usahakan untuk membuangnya sesegera mungkin karena menahan  justru akan memperparah penyakit ambeien.
Perbanyak minum air putih
Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk membantu proses penyembuhan penyakit Anda.

  • Perbanyak sayur dan buah

Perbanyaklah untuk mengkonsumsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan serat, karena serat sangat penting untuk mempercepat kesembuhan penyakit ambeien.

  • Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu membakar lemak dan memperlancar proses metabolisme dalam tubuh, termasuk  membantu penyembuhan penyakit Anda.
Demikian beberapa cara untuk mengobati penyakit ambeien secara tradisional. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Komentar

Related For Cara Menyembuhkan Penyakit Ambeien Secara Tradisional