Menu

KANKER PARU – PARU, TIDAK HANYA MILIK PARA PEROKOK

Mendengar kata kanker sudah membuat kita bergidik apalagi jika terjadi di paru – paru. Seperti yang kita ketahui paru – paru merupakan salah satu organ tubuh terpenting yang menunjang hidup manusia. Paru – paru berfungsi dalam mekanisme pertukaran udara sehingga memungkinkan kita untuk bernafas. Sementara itu, kanker merupakan gangguan perkembangan sel yang abnormal.

kanker paru paru

Dengan penjelasan ini sudah sangat jelas bahwa kanker paru – paru merupakan penyebaran sel kanker yang terjadi pada paru – paru. Meskipun terdengar mengerikan, namun kanker paru – paru adalah salah satu jenis kanker yang paling bisa dicegah. Sekitar 80% hingga 90% kejadian kanker paru – paru terjadi sebagai akibat dari kebiasaan merokok.

Kanker paru – paru dapat terjadi sebagai akibat dari penyebaran sel kanker yang berasal dari organ lain sehingga disebut kanker paru – paru sekunder, atau memang berawal dari paru – paru itu sendiri sehingga disebut kanker paru – paru primer. Pada tahap awal, kanker paru – paru menimbulkan gejala yang tidak spesifik seperti batuk dan akan berkembang hingga menjadi batuk berdarah, kesulitan bernafas, kelelahan dan penurunan berat badan.

Rokok penyebab utama munculnya kanker paru paru

penyebab kanker paru paru

Kanker paru – paru akibat merokok merupakan kasus tertinggi dari kanker paru – paru, baik perokok aktif maupun perokok pasif sama-sama memiliki resiko mengalami kanker paru – paru meski pada perokok aktif, kemungkinannya akan lebih besar. Asap rokok yang dihidap mengandung puluhan zat pemicu kanker yang akan memberi dampak langsung terhadap paru – paru.

Pada awalnya, kerusakan yang diakibatkan akan diperbaiki oleh tubuh, tetapi paparan yang terlalu sering akan mengakibatkan kerusakan terus menerus hingga memicu reaksi berlebih dari sel yang mengakibatkan munculnya sel kanker. Saat ini terdapat lebih dari 60 juta perokok aktif di Indonesia dan jumlah ini dipastikan akan selalu bertambah seiring tahun.

Meskipun memiliki presentase resiko yang lebih kecil, perokok pasif juga memiliki potensi yang sama untuk mengalami kanker paru – paru. Setidaknya, resiko perokok pasif meningkat 20% dibandingkan orang yang tidak terkenan paparan asam rokok. Karenanya tetap jaga lingkungan anda dari asap rokok. Berhentilah merokok selagi mampu karena hanya akan berdampak buruk tidak hanya bagi anda tetapi juga bagi orang – orang disekitar anda.

Meskipun berstatus sebagai penyebab tertinggi, rokok bukan satu – satunya faktor yang memicu terjadinya kanker paru – paru. Penyebab kanker paru – paru juga bisa ditemukan dilingkungan yang bahkan tidak anda sadari, seperti beberapa hal berikut ini :

  1. Polusi udara

Polusi udara yang buruk dapat memicu munculnya sel kanker. Menurut dara, Asia Tenggara merupakan wilayah penyumbang tertinggi, polusi udara di dunia. Jadi terbayang bukan separah apa tingkat keburukan kualitas udara di Indonesia? Asap kendaraan dan asap pabrik bisa menjadi menyebab dari hal ini. Sangat perlu untuk anda ketahui bahwa menghirup asap pembuangan kendaraan dan pabrik berdampak sama besarnya dengan menjadi perokok pasif.

  1. Paparan senyawa kimia

Waspadai lingkungan kerja anda terutama apabila berhubungan langsung dengan senyawa kimia yang bersifat karsinogenik atau dapat memicu sel kanker seperti asbes, nikel, batu bara, silika atau arsenik. Terlalu sering terpapar senyawa – senyawa ini bisa memicu munculnya sel kanker pada paru – paru anda. Pastikan anda selalu menggunakan sistem pengamanan yang terjamin ketika anda bekerja di wilayah beresiko ini.

  1. Gas Radon

Radon merupakan gas tidak berwarna dan tidak berbau yang dihasilkan dari penguraian radioaktif radium yang merupakan produk dari peluruhan uranium yang ditemukan di lapisan kerak bumi. Tingkat gas radon bervariasi tergantung dari lokasi dan komposisi tanah.

Jadi, tidak hanya merokok yang memicu sel kanker pada paru – paru anda. Selalu waspadai lingkungan sekitar anda. dan untuk selalu menjaga kesehatan keluarga anda jangan lupa sediakan selalu minyak herbal asli bali,kutus kutus.

 

Komentar

Related For KANKER PARU – PARU, TIDAK HANYA MILIK PARA PEROKOK