Menu

KENALI PENYAKIT GOUT, DAN RESIKONYA TERHADAP DIRI ANDA

Pernahkan anda mendengar tentang penyakit gout? Penyakit yang satu ini mungkin jarang terdengar oleh telinga anda, tetapi bagaimana dengan penyakit asam urat? Penyakit gout adalah nama lain untuk penyakit asam urat. Merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi pada sendi terutama sendi jempol kaki yang diakibatkan karena pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi anda.

penyakit gout

Jenis makanan penyebab penyakit gout atau asam urat

Penyebab penyakit gout adalah karena tingginya kadar asam urat. Asam urat itu sendiri merupakan limbah perombakan yang terbentuk dari pemecahan zat purin dalam sel – sel tubuh. Purin merupakan zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari mahkluk hidup. Ketika kita memakan bahan tersebut, purin juga akan berpindah ke tubuh kita.

Meskipun purin terdapat pada setiap makhluk hidup, bukan berarti kita tidak boleh mengonsumsi makhluk hidup, karena pernahkah kita sadari bahwa setiap makanan yang kita makan berasal dari mahkluk hidup, termasuk sayuran dan buah – buahan yang kita makan. secara alami terdapat enzim urikase yang akan mengkonversi asam urat menjadi alantonin

penyakit gout arthritis

Kadar asam urat yang berlebih dapat menimbulkan batu ginjal atau pirai pada persendian. Biasanya penyakit ini menyerang pada usia lanjut karena adanya penumpukan bahan purin. Penderita penyakit gout biasa memiliki beberapa pantangan bahan makanan karena akan meningkatkan kadar asam urat secara berlebih, seperti jeroan, seafood, riverfood, ekstrak daging, kacang – kacangan, gorengan dan beberapa jenis sayuran seperti jamur, kembang kol atau bayam.

Disarankan bagi penderita gout untuk mengonsumsi makanan yang tinggi potasium seperti tomat, kentang atau pisang, buah-buahan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan stroberi,  atau jenis buah – buahan san sayur yang dapat mengobati asam urat seperti buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau atau sawi putih.

Bagi anda penderita penyakit gout arthritis yang sudah sangat parah, anda bisa memeriksakan kondisi anda ke dokter. Biasanya dokter akan meresepkan beberapa obat seperti obat anti inflamasi atau obat lain yang bisa menjadi alternatif sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahan penyakit anda

Obat anti inflamasi non steroid atau dikenal sebagai NSAID’s (non-steroid anti inflamation drugs) biasanya merupakan obat awal yang digunakan menangani gejala gout. Obat ini berfungsi meredakan rasa sakit dan peradangan yang terjadi pada sendi anda, biasanya diresepkan bersama dengan obat penghambat pompa proton yang mampu meredakan efek samping dari penggunaan obat anti inflamasi non steroid.

Colchicine merupaka jenis obat lain yang mungkin diresepkan dokter bagi anda penderita penyakit gout. Obat ini tidak termasuk dalam obat pereda sakit namun mampu mengurangi daya kristal – kristal natrium urat yang mengakibatkan peradangan di lapisan sendi atau sinovium. Dengan berkurangnya daya kristal tersebut maka otomatis rasa sakit juga akan berkurang.

Penyakit gout dapat didiagnosa secara pasti dengan memeriksa keberadaan kristal natrium urat dalam sendi anda. Namun sebelum dilakukan pemeriksaan, biasanya dokter akan perhatikan terlebih dahulu gejala yang mungkin timbul, seperti lokasi sendi yang terasa sakit, seberapa sering gejala ini muncul, berapa lama rasa sakit yang anda alami atau riwayat penyakit gout pada keluarga anda.

Setiap orang memiliki resiko untuk terserang penyakit ini. Hanya saja, pada laki – laki resiko yang ditimbulkan akan lebih tinggi dibandingkan pada perempuan, karena secara alami, perempuan memiliki hormon estrogen yang mampu menurunkan kadar asam urat. Selalu pastikan untuk menjaga pilihan bahan makanan anda, jangan sampai makanan yang anda makan malah meningkatkan resiko anda mengalami penyakit ini.

 

Komentar

Related For KENALI PENYAKIT GOUT, DAN RESIKONYA TERHADAP DIRI ANDA