Menu

Mengatasi Gejala Masuk Angin dengan Obat Tradisional

February 13, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

gejala masuk anginMasuk Angin merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat. Disebut masuk angin karena angin masuk ke dalam tubuh dan tidak bisa keluar. Gejalanya antara lain perut kembung,  meriang, panas/ demam, sakit kepala, dan nyeri otot. Jika dibiarkan  gejala ini bisa semakin parah, seperti demam makin tinggi, kepala semakin sakit, dan bisa pula mengalami muntah.

Cara mengatasi masuk angin sebenarnya tidak sulit, karena kini telah banyak beredar ramuan  tradisional atau obat herbal yang dijual bebas. Umumnya ramuan tradisional diolah dari berbagai bahan alami dari tumbuhan ditambah madu.

Anda pun sebenarnya bisa membuat ramuan tradisional sendiri. Jadi tidak perlu membelinya, dan tentunya akan jauh lebih murah dan pasti tetap mujarab. Untuk itu simak cara mengobati masuk angin berikut ini;

  • Resep 1

Siapkan beberapa siung bawang, lalu kupas bersih dan haluskan. Tambahkan 2 sdm madu asli dan gula batu secukupnya. Aduk rata dan minumlah. Lakukan pengobatan ini setiap hari secara teratur.

  • Resep 2

Siapkan  3 rimpang jahe ukuran sedang. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Selanjutnya seduh tumbukan jahe dalam ½ gelas air mendidih. Saring airnya, dan tambahkan gula batu secukupnya. Aduk rata dan minum dalam keadaan  hangat. Minumlah ramuan jahe hangat ini 2 kali sehari, tiap pagi dan sore hari. Umumnya masuk angin akan sembuh dalam 2 hari.

  • Resep 3

Siapkan 3 rimpang kencur ukuran sedang. Selanjutnya kencur dicuci bersih dan diparut. Tambahkan sedikit air, dan peras untuk diambil sarinya. Kemudian tambahkan juga sedikit garam. Aduk hingga rata, dan minumlah. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur.

  • Resep 4

Siapkan kayu manis secukupnya, selanjutnya dicuci bersih dan direbus dalam 200 ml air hingga mendidih. Tambahkan gula batu secukupnya, aduk rata dan saring airnya.  Minum ramuan ini dalam keadaan  hangat sebanyak 2 kali sehari.

 

  • Resep 5

Siapkan 2 rimpang temulawak, cuci bersih dan ditumbuk. Selanjutnya temulawak direbus dalam 200 ml air hingga mendidih. Tambahkan gula secukupnya, saring dan diminum dalam keadaan hangat. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari.

 

  • Resep 6

Siapkan 4 rimpang kencur, 2 rimpang jahe, dan 3 butir kapulaga. Seluruh bahan dicuci bersih dan direbus dalam 400 ml air hingga air rebusan tersisa separuh. Saring airnya dan tambahkan gula batu secukupnya. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari dalam keadaan hangat. Ramuan ini manjur mengatasi masuk angin dalam 2 hari.

  • Resep 7

Siapkan 4 rimpang  temulawak ukuran sedang, 2 rimpang jahe ukuran sedang, 80 gram lidah buaya, dan 2 rimpang  kencur ukuran ibu jari. Cuci semua bahan  dan rebus dalam 500 ml air hingga air rebusan tersisa separuh. Saring dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minum ramuan ini 2 kali sehari dalam keadaan hangat.  Umumnya masuk angin akan reda dalam 2-3 hari.

Resep 8

Siapkan 25 gram bengle, 5 gram pala (dihaluskan), 25 gram lempuyang, 1 sdt merica bubuk. Bengle, pala, dan lempuyang dicuci hingga bersih, lempuyang diris tipis-tipis. Selanjutnya rebus semua bahan dalam 600 ml air hingga mendidih dan air rebusan tersisa separuh. Saring dan minumlah. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari dalam keadaan  hangat.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi gejala masuk angin dengan menggunakan obat tradisional. Silakan memilih resep mana yang sesuai untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Komentar

Related For Mengatasi Gejala Masuk Angin dengan Obat Tradisional