Menu

Mengatasi Gejala Tipes pada Anak dengan Obat Tradisional

February 13, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Demam tipes (tifus) atau juga sering disebut tifoid merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Penyakit ini banyak diderita oleh masyarakat kita, baik dewasa maupun anak-anak. Penyebab penyakit tipes adalah bakteri salmonella typhi yang bisa datang dari mana saja, antara lain makanan atau minuman, peralatan masak, peralatan makan, tangan yang kotor dan lain sebagainya.

gejala tipes pada anak

Perjalanan sang bakteri diawali dari mulut, masuk ke kerongkongan kemudian bersarang di usus halus. Di sini bakteri akan merusak dinding usus sehingga usus menjadi terluka. Luka inilah yang menimbulkan rasa sakit pada perut. Jika tidak segera diatasi, penyakit tipes makin parah karena dinding usus bisa mengalami pendarahan. Beberapa gejala penyakit tipes yang sering dialami, yaitu;

  1. Demam tinggi yang terjadi pada malam hari yang berlangsung selama 7-10 hari. Namun pada siang hari demam cenderung menurun.
  2. Badan lemas dan kepala terasa pusing.
  3. Lidah penderita terlihat kotor, dengan bagian tengah berwarna putih, dan terasa pahit.
  4. Perut sakit, mual bahkan bisa diikuti muntah. Ini terjadi karena bakteri berkembang biak dalam organ hati dan limpa penderita, sehingga terjadilah pembengkakan yang menekan lambung hingga menyebabkan rasa mual.
  5. Umumnya terjadi diare karena bakteri yang menyerang saluran pencernaan akan menimbulkan gangguan penyerapan cairan.
  6. Jika kondisi penyakit semakin parah bisa menyebabkan penurunan kesadaran, bahkan pingsan.

Jika anak Anda mengalami beberapa gejala tersebut Anda bisa mengatasinya dengan membuat obat tipes tradisional dari bahan-bahan alami seperti berikut ini;

  • Cacing

Obat sakit tipes alami yang sering digunakan adalah cacing. Memang terdengar menjijikkan, akan tetapi inilah kenyataannya. Cacing mengandung zat yang ampuh membasmi bakteri penyebab penyakit tipes.

Caranya; Ambil beberapa ekor cacing tanah dan belah badannya untuk membersihkan kotorannya. Kemudian dicuci hingga bersih dan dijemur/ disangrai hingga kering. Tumbuk hingga halus dan diseduh dalam air secukupnya lalu diminum. Atau bisa pula dimasukkan ke dalam kapsul dan diminum. Lakukan hal ini  3 kali sehari.

  • Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat obat tradisional karena memiliki manfaat sebagai antiseptik. Dan ternyata kunyit juga manjur untuk mengatasi gejala tipes pada anak.

Caranya;  siapkan 3 rimpang  kunyit ukuran sedang, 3 lembar daun sambiloto yang masih muda dan  1 batang serai. Cuci bersih semua bahan, haluskan kemudian seduh dalam 100 ml air panas. Selanjutnya saring dan diminum airnya. Lakukan pengobatan ini  2 kali sehari hingga penyakit tipes sembuh.

  • Tanaman sambiloto

Sambiloto juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit  tipes. Caranya;  siapkan 10-12 lembar daun sambiloto yang masih muda, 17-20 gram temulawak, dan  5 gram jinten hitam. Sambiloto dan temulawak di cuci bersih lalu potong kecil-kecil. Selanjutnya  semua bahan direbus dalam 4 gelas air  hingga air rebusan tersisa sekitar 2 gelas saja. Minum ramuan ini 2 kali sehari hingga penyakit tipes sembuh.

  • Buah pepaya

Pepaya mengandung banyak vitamin A dan juga kaya serat sehingga baik dikonsumsi untuk Anda yang mempunyai masalah sembelit.  Dan ternyata buah ini juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit tipes pada anak.

Caranya sangat mudah, buah pepaya matang bisa dikonsumsi secara langsung seperti biasa. Selain itu konsumsi juga buah pepaya muda dengan cara diparut hingga halus, kemudian sedu menggunakan air hangat. Anda bisa menyaring dan mengambil airnya untuk diminumkan pada anak sebanyak 2 kali sehari.

Untuk mendukung kesembuhannya, istirahatkan anak dengan nyaman dan kurangi aktivitasnya. Anda juga perlu memberi asupan makanan yang bergizi seperti susu, sayur dan buah. Jangan lupa untuk memperhatikan cara penyajiannya. Nasi bisa disajikan dalam bentuk nasi tim atau bubur, sedangkan buah atau sayur sajikan dalam bentuk jus. Hal ini karena kondisi saluran pencernaan anak yang terluka  sehingga makanan yang masuk harus bertekstur halus.

Demikian beberapa cara mengatasi gejala tipes pada anak menggunakan obat tradisional. Anda bisa memilih salah satu cara yang sesuai dan Anda suka.  Namun sebaiknya jika penyakit tipes sudah tergolong parah segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih intensif. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Related For Mengatasi Gejala Tipes pada Anak dengan Obat Tradisional