Menu

Obat Badan Meriang Tradisional, Ampuh Menyembuhkan  

February 13, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

 

masuk angin meriangMeriang  merupakan sebuah kondisi dimana tubuh merasakan kedinginan, meskipun suhu tubuh terlihat normal. Meriang juga merupakan gejala awal penyakit flu.  Bila tidak segera diatasi, meriang akan semakin parah diikuti dengan gejala-gejala selanjutnya yaitu bersin-bersin, sakit kepala, demam, nyeri otot, nyeri tenggorokan, pilek, dan batuk Gejala-gejala tersebut lazim disebut flu atau influenza. Nah, makanya jangan sampai terlambat untuk mengatasi badan meriang sebelum menjadi penyakit flu. Untuk itu Anda bisa mencoba beberapa tips  berikut ini;

  • Kerokan

Kerokan merupakan cara tradisional namun tergolong mujarab untuk mengatasi berbagai penyakit yang berkaitan dengan flu, seperti meriang, pilek, dan masuk angin. Orang-orang zaman dulu selalu melakukan kerokan jika merasa tidak enak badan, dan efeknya langsung terasa. Namun perlu diingat bahwa jangan melakukan mandi setelah kerokan. Anda juga jangan melakukan kerokan jika mengeluarkan keringat yang berlebihan karena bisa jadi itu  merupakan pertanda gangguan jantung.

  • Sebotol air panas

Obat meriang atau obat panas dingin yang lain adalah dengan menggunakan sebotol air hangat. Caranya; masukkan air panas (jangan air mendidih) ke dalam botol kaca. Gunakan untuk menyeka bagian-bagian tubuh seperti perut, punggung, dan telapak kaki. Jika Anda merasa terlalu panas, botol bisa dibalut dengan kain tipis.

  • Minum air putih hangat

Minumlah air putih hangat minimal 8 gelas sehari agar suhu tubuh Anda tetap stabil. Air putih juga membuat metabolisme tubuh berjalan baik yang mana akan membantu proses penyembuhan penyakit apa pun, termasuk meriang.

  •  Istirahat

Meriang merupakan pertanda bahwa badan sudah merasa tidak enak atau tidak nyaman. Oleh karena itu beristirahatlah agar kondisi Anda semakin membaik. Jika Anda merasa kedinginan pakailah selimut dari bahan yang bisa menyerap keringat.

  • Konsumsi makanan yang mengandung zinc

Konsumsilah jenis makanan yang mengandung  zinc (seng) agar  kekebalan tubuh meningkat. Zinc merupakan mineral penting yang bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Beberapa makanan mengandung zinc antara lain kepiting, udang,  tiram,  bayam  dan jamur. Anda juga boleh mengkonsumsi susu hangat karena susu juga mengandung banyak vitamin,  zinc dan beberapa mineral penting lainnya.

  • Ramuan Tradisional

Anda juga bisa mengatasi meriang dengan cara membuat ramuan obat meriang tradisional seperti berikut ini;

Resep 1

Siapkan daun pepaya secukupnya, ½ genggam kencur, dan 3 buah jeruk nipis. Semua bahan dipotong kecil- kecil  dan rebus dalam 3 gelas air hingga air rebusannya tersisa sekitar separuhnya saja. Selanjutnya air rebusan disaring dan diminum dalam keadaan hangat sebanyak 2 kali sehari.  Lakukan pengobatan ini hingga gejala meriang Anda sembuh.

Resep 2

Siapkan gula aren atau gula batu secukupnya dan asam jawa sebesar 1 ibu jari. Kemudian  seduh semua bahan dalam 1 gelas air panas. Minumlah ramuan ini dalam keadaan hangat. Lakukan pengobatan ini  2-3 kali sehari.

Resep 3

Siapkan  1-2  rimpang jahe ukuran sedang, 2 buah kencur ukuran ibu jari,  5 lembar daun kemangi, dan sereh secukupnya. Semua bahan dicuci bersih dan direbus dalam 300 ml air hingga mendidih dan air rebusan tersisa separuh.  Saring dan tambahkan gula batu secukupnya. Aduk  hingga rata dan minumlah dalam keadaan hangat. Minum ramuan ini 2-3 kali sehari secara teratur.

Resep 4

Siapkan 2 rimpang jahe, lalu dicuci bersih dan ditumbuk halus/ diparut. Tambahkan air matang secukupnya lalu disaring. Tambahkan 2-3 sdm madu asli. Aduk hingga rata lalu diminum. Minum ramuan ini  3 kali sehari.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi badan meriang dengan cara tradisional. Semoga bermanfaat!

Komentar

Related For Obat Badan Meriang Tradisional, Ampuh Menyembuhkan