Menu

Obat Batuk Tradisional, Sembuhkan Batuk Secara Aman  

February 12, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Batuk merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap dialami, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kadang hanya batuk kering biasa namun terkadang juga disertai dengan adanya mukosa (dahak). Meskipun hanya tergolong penyakit yang ringan, namun jika tidak segera diatasi batuk bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gatal-gatal yang terasa menggelitik di kerongkongan membuat kita risih, selain itu dada juga terasa sakit jika frekuensi batuk tidak kunjung berhenti.

penyakit batuk

Ada beberapa penyebab penyakit batuk. Batuk kering umumnya disebabkan karena alergi debu dan adanya virus. Sedangkan batuk berdahak bisa disebabkan karena virus influenza, tubercolosa,  atau campak. Batuk kering maupun batuk berdahak bisa menular, oleh karena itu bagi penderita sebaiknya gunakan masker jika bepergian.

Penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara pengoobatan medis maupun non medis. Untuk cara medis umumnya dokter akan memberikan obat pengurang batuk ditambah obat antibiotik. Namun sebaiknya sebelum ke dokter upayakan dulu kesembuhan Anda dengan  cara pengobatan alami. Anda bisa meramu sendiri untuk membuat obat batuk berdahak tradisional. Berikut adalah resepnya;

  • Resep 1

Siapkan 2 rimpang jahe ukuran ibu jari,  2 rimpang kunyit ukuran sedang, buah jeruk nipis, dan 1 sdm madu asli. Caranya; cuci bersih semua bahan. Selanjutnya jahe ditumbuk/ diparut hingga halus kemudian peras dan ambil airnya, begitu pula dengan kunyit. Kemudian jeruk nipis diperas dan diambil airnya. Campur semua bahan menjadi satu, tambahkan madu dan aduk hingga rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur. Jika Anda rajin, maka batuk berdahak akan mereda dalam 4-5 hari.

  • Resep 2

Siapkan 3 rimpang jahe dan kencur ukuran sedang. Cuci bersih semua bahan dan tumbuk halus/ diparut. Selanjutnya campurkan dalam 100 ml air panas. Aduk hingga rata lalu saring. Tambahkan  1 sdm air perasan jeruk nipis dan  2 sdm madu asli. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara rutin. Ramuan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk pilek.

  • Resep 3

Siapkan 2 rimpang jahe ukuran sedang dan 7 lembar daun sirih. Cuci bersih semua bahan, dan rebus dalam 2 gelas air. Tunggu beberapa saat hingga air rebusan tersisa separuh. Saring dan minumlah selagi hangat. Minum ramuan ini setiap hari secara teratur.

Jika Anda mengalami batuk kering, Anda juga bisa membuat ramuan obat batuk kering alami seperti resep berikut ini;

Resep 1

Siapkan 1 buah jeruk nipis ukuran besar, cuci bersih dan peras airnya. Tambahkan 2 sdm kecap. Aduk hingga rata dan minumlah. Lakukan 3 kali sehari secara teratur.

  • Resep 2

Siapkan 2 buah belimbing wuluh, 5 bunga belimbing wuluh, dan gula batu sebesar ibu jari. Cuci bersih belimbing wuluh dan bunganya. Selanjutnya tempatkan semua bahan pada wadah aluminium dan kukus (bisa dikukus bersama nasi atau rice cooker). Minum ramuan ini 3 kali sehari.

Untuk mengatasi batuk pada anak-anak, buatlah ramuan obat batuk alami berikut ini; 4 buah belimbing wuluh yang masih muda (ukuran kecil-kecil), 5 bunga belimbing wuluh, dan gula batu sebesar ibu jari. Tempatkan semua bahan pada wadah aluminium dan kukus. Ramuan ini diminumkan pada anak sebanyak 3 kali sehari. Ramuan ini rasanya asam manis seperti sirup, jadi anak-anak pasti menyukainya.

Demikian beberapa resep obat batuk tradisional yang mudah, murah, dan aman, dan tentu juga ampuh untuk menyembuhkan. Selamat mencoba!

Komentar

Related For Obat Batuk Tradisional, Sembuhkan Batuk Secara Aman