Menu

Obat Keseleo Kaki Tradisional Yang Manjur

February 5, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Keseleo kaki atau terkilir adalah gangguan yang terjadi pada urat kaki akibat beberapa hal, misalnya terjatuh, posisi duduk  yang salah, pergerakan tubuh yang ekstrim, dan lain sebagainya. Keseleo umumnya akan mengakibatkan pembengkakan pada bagian kaki yang sakit, disertai dengan rasa nyeri saat digerakkan dan terkadang juga terasa hangat saat disentuh.
Keseleo, jika tidak segera diatasi akan sangat mengganggu aktivitas harian. Selain itu keseleo juga akan semakin parah dan sulit disembuhkan. Urat yang salah akan tetap pada posisi yang salah,  bahkan bisa menjadi posisi permanen. Keseleo bisa disembuhkan  dengan cara pengobatan ala medis atau non medis.  Cara pengobatan medis dilakukan dengan pemberian obat-obatan pereda nyeri dan pada tingkat keseleo yang parah bisa dilakukan langkah operasi bedah oleh dokter spesialis.
obat kaki keseleo
Cara yang lebih aman dan murah adalah dengan cara pengobatan non medis. Orang-orang zaman dulu menggunakan obat terkilir tradisional berupa herbal yanng dibubuhkan pada kaki, misalnya jahe, kencur, dan bawang putih. Jika penanganan tergolong cepat dan keadaannya juga tidak tergolong parah, umumnya cara pengobatan ini berhasil menyembuhkan keseleo dalam waktu singkat. Nah, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk menyembuhkan keseleo pada kaki;

  • Jahe

Jahe merupakan salah satu bumbu masakan sekaligus obat herbal yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Jahe juga bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan keseleo.
Caranya; Siapkan 1-2 rimpang jahe ukuran sedang. Usahakan jahe dalam keadaan segar. Kemudian jahe dicuci bersih dan diparut atau ditumbuk hingga halus. Selanjutnya gunakanlah untuk melumuri bagian kaki yang sakit dan balut dengan kain. Lakukan hal ini setiap hari secara teratur. Jahe akan menimbulkan efek panas, jika Anda tidak tahan panas maka gunakanlah bahan herbal lainnya yaitu kencur.

  • Kencur

Jika Anda tidak kuat menahan rasa panas, cobalah untuk mencari bahan alternatif pengganti jahe, kencur yang akan menimbulkan efek hangat. Caranya; Siapkan kencur secukupnya, cuci bersih dan parutlah. Kemudian gunakanlah untuk melumuri bagian kaki yang sakit dan balut dengan kain. Lakukan sesering yang Anda perlukan.

  • Bawang putih

Bawang putih bisa digunakan sebagai obat terkilir. Bumbu masakan ini  memiliki efek anti-inflamasi dan efek anti-radang sehingga sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan akibat keseleo/ terkilir. Caranya; siapkan 2-3 siung bawang putih, kupas dan parut selanjutnya oleskan pada bagian kaki yang sakit. Ulangi hal ini sebanyak 2-3 kali sehari.

  • Air arang

Ini merupakan cara tradisional yang sering dilakukan oleh masyarakat di pedesaan, namun tidak salahnya untuk dicoba. Caranya; bakar batok (tempurung) kelapa hingga menjadi arang. Selanjutnya  masukkan arang dalam kondisi panas ke dalam 1000 ml air. Tunggu selama 1 menit hingga arang panas mengakibatkan efek hangat pada air dingin. Gunakan air hangat untuk membasuh atau merendam kaki yang sakit. Lakukan hal ini sebanyak 2 kali sehari.
Cara mengobati keseleo lainnya adalah dengan metode pijat urat. Namun metode ini harus dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidang pijat urat. Langkah pengobatannya adalah; kaki akan diurut menggunakan minyak selama beberapa saat hingga terasa lemas, kemudian barulah urat akan dikembalikan pada posisi semula.
Dalam hal ini Anda harus mempunyai nyali besar dan  kuat menahan sakit  karena pijatan saat mengembalikan posisi urat akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Namun jangan khawatir,  rasa sakit tidak akan lama dan  akan  ditebus dengan kesembuhan. disamping bat alami diatas. anda bisa mencoba minyak herbal kutus kutus yg sangat terbukti menyembuhkan berbagai luka lebam atau pun kaki keseleo.Semoga bermanfaat!

Komentar

Related For Obat Keseleo Kaki Tradisional Yang Manjur