Menu

Obat Maag Tradisional Yang Mujarab

February 24, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Penyakit maag merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat kita. Umumnya orang sering menganggap sepele penyakit ini, namun baru sadar ketika penyakit sudah sering kambuh dan  sudah tergolong parah. Maag jika masih tergolong ringan akan cepat disembuhkan, namun jika sudah tergolong maag kronis akan semakin sulit penyembuhannya.

cara mengtasi sakit maag

Beberapa gejala penyakit maag antara lain mual yang terkadang disertai dengan muntah, perih, kembung, dan terasa penuh pada lambung. Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya kadar asam lambung karena beberapa sebab tertentu, misalnya makanan. Kondisi lambung masing-masing orang tidak sama. Ada orang memiliki lambung yang sangat sensitif, jadi saat mengkonsumsi makanan yang terlalu asam, pedas atau yang mengandung gas akan langsung menimbulkan reaksi.

Penyebab  lainnya adalah stress. Banyak pikiran akan menyebabkan stress, dan stress akan membuat orang menjadi lupa mengurus dirinya sendiri, termasuk lupa makan. Pola makan yang tidak teratur inilah yang memicu meningkatnya kadar asam lambung sehingga menyebabkan penyakit maag.

Penyakit ini  bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas atau pun obat yang harus dibeli dengan resep dokter. Beberapa jenis obat lambung yang kita kenal adalah golongan antasida, bisa dalam bentuk tablet atau cair.

Maag yang sudah tergolong kronis biasanya akan sulit disembuhkan karena telah ada perlukaan pada usus. Jika ini yang terjadi maka penderita biasanya harus menjalani rawat inap di rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih intensif, antara lain menyembuhkan lukanya dan mengobati penyakitnya.

Maka dari itu, apabila Anda memiliki riwayat memiliki penyakit maag yang sering kambuh, jangan sekali-kali meremehkan penyakit Anda. Rawatlah kesehatan Anda dan sembuhkan sakit Anda secara total dengan cara membuat obat  maag tradisional dengan bahan-bahan alami seperti berikut ini;

  • Kunyit

Kunyit telah lama digunakan sebagai bahan jamu tradisional yang bermanfaat untuk pelangsing alami, mengatasi nyeri haid, melancarkan haid, menyembuhkan sariawan, dan menjaga kesehatan pencernaan. Maka tak mengherankan jika kunyit berkhasiat sebagai  obat herbal maag kronis. Caranya; siapkan kunyit secukupnya, cuci bersih dan paut. Tambahkan air  putih sebanyak ½ gelas, aduk rata lalu saring. Ramuan obat tradisional siap diminum. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari  secara teratur selama 1-2 minggu.

 

  • Biji pepaya

Biji pepaya selama ini banyak dimanfaatkanuntuk merawat rambut agar lebih hitam dan subur. Ternyata biji pepaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit maag. Caranya; Ambil biji pepaya secukupnya, cuci bersih dan jemurlah hingga kering. Sangrai (goreng tanpa minyak) hingga agak kering (jangan sampai gosong) kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan ½ gelas air, dan aduk hingga rata. Saring dan minumlah ramuan ini setiap hari secara rutin.

 

  • Kedelai

Kedelai kaya akan vitamin B dan mudah dicerna oleh tubuh sehingga sangat baik  digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit maag. Caranya; siapkan ½ kg kedelai, cuci bersih dan rebus hingga matang. Makanlah kedelai setiap hari secara teratur.

 

  • Daun jambu biji

Daun jambu biji selain berkhasiat untuk mengobati diare juga bisa menjadi cara ampuh untuk menyembuhkan penyakit maag. Caranya; Ambil 10-15 lembar daun jambu biji. Cuci bersih dan rebus dalam 300 ml air hingga mendidih. Minum ramuan ini 2 kali sehari secara teratur selama 1-2 minggu.

 

Untuk menyembuhkan penyakit maag secara total, selain melakukan pengobatan Anda juga perlu melakukan langkah pencegahan dengan menghindari beberapa makanan pantangan seperti makanan dan minuman yang mengandung gas (misalnya nangka, durian, dan minuman bersoda), minuman beralkohol, minuman yang mengandung kafein, makanan yang terlalu pedas,  dan buah yang masam (misalnya mangga, jeruk, dan kedondong). Selain itu perbanyaklah untuk mengkonsumsi camilan yang ringan namun sehat di sela-sela waktu makan Anda, misalnya  kue-kue kering. Semoga tips ini bermanfaat.

 

 

Komentar

Related For Obat Maag Tradisional Yang Mujarab