Menu

Obat Pegal Linu  Alami Yang Aman Dan Manjur

February 5, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Pegal linu merupakan rasa nyeri yang dirasakan pada bagian otot tertentu, antara lain kaki, lengan, punggung, pundak, bahu, atau leher. Gejala ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia dan umumnya disebabkan karena faktor kelelahan akibat  aktivitas kerja atau olahraga. Penyebab pegal linu lainnya adalah menonton televisi terlalu lama, bekerja terlalu lama di depan komputer, dan masalah yang menguras pikiran.
obat sakit pegal linu
Pegal linu bisa disembuhkan dengan jenis obat-obatan penghilang rasa sakit, bisa melalui resep dokter atau langsung membelinya di apotek. Biasanya gejala pegal linu akan hilang  setelah 2 hari. Namun perlu Anda perlu berhati-hati jika sering mengalami pegal linu karena terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan akan berpengaruh buruk pada organ ginjal Anda.
Yang terbaik adalah menyembuhkan pegal linu dengan menggunakan bahan alami di sekitar Anda. Bahannya mudah didapat dan harganya pun cukup murah. Nah, Anda bisa mencoba bahan-bahan alami  obat tradisional pegel linu berikut ini;

  • Es batu

Kompreskan es batu pada bagian yang sakit sebanyak yang diperlukan. Rasa dingin yang ditimbulkan memberikan dampak yang baik untuk mengurangi gejala pegal linu. Lakukan sebanyak yang Anda perlukan.

  •  Bawang putih

Salah satu bumbu masakan ini ternyata berkhasiat untuk membantu menyembuhkan pegal linu. Bawang putih mengandung zat anti-radang yang bermanfaat mengurangi rasa sakit pada persendian, seperti nyeri sendi, rematik, dan pegal linu. Caranya; belah bawang putih, dan oleskan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan sebanyak yang Anda perlukan.

  •  Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga bisa digunakan untuk mengurangi gejala pegal linu. Caranya; panaskan minyak cengkeh selama beberapa saat. Oleskan minyak cengkeh dalam keadaan hangat ke bagian tubhuh yang sakit. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari.

  • Garam Inggris

Garam Inggris mengandung magnesium yang bisa membantu meredakan pegal linu pada bagian kaki. Caranya; campurkan 100 gram garam Inggris dalam  1000 ml air. Hangat. Rendam kaki dalam larutan garam Inggris selama 10 menit. Ulangi hal ini sebanyak 3 kali sehari.

  •  Daun rosemary

Daun rosemary dikenal sebagai obat herbal pegal linu. Daun inimengandung zat anti-radang yang bisa membantu mengurangi rasa sakit  akibat pegal linu dan menyembuhkannya. Caranya; Ambil beberapa lembar daun rosemary secukupnya, rebus dalam 1000 ml air hingga mendidih. Kemudian rendam kaki dalam larutan daun rosemary hangat selama 20 menit. Lakukan 2 kali sehari secara teratur.

  •  Susu

Susu kaya akan zat kalsium  yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Untuk mencegah dan mengatasi pegal linu cobalah untuk minum 3 gelas susu dalam sehari. Jika Anda melakukannya secara rutin Anda akan terhindar dari derita pegal linu.

  • Buah pisang

Buah pisang mengandung zat potassium yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit akibat pegal linu, dan juga baik bagi Anda yang mengalami kram. Untuk mencegah dan mengobati pegal linu makanlah buah pisang sebanyak 2 kali sehari.

  •  Beras dan kencur

Kencur merupakan salah satu bahan jamu tradisional. Ramuan beras dan kencur merupakan obat pegal linu tradisional yang manjur. Anda bisa membeli minuman tradisional ini pada penjual jamu atau bisa pula membuatnya sendiri. Caranya; Siapkan kencur sebanyak 100 gram, tepung beras 100 gram, gula jawa/gula aren secukupnya, dan asam jawa/jeruk nipis secukupnya. Langkah pembuatannya; kencur ditumbuk halus atau diparut, tambahkan ½ gelas air matang, aduk hingga rata dan disaring. Kemudian tambahkan tepung beras, gula jawa, dan asam jawa/ jeruk nipis. Aduk hingga rata dan minumlah. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari.
Demikian beberapa cara pengobatan alami yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan pegal linu. namun jika anda tak mau direpotkan dengan pengobtana di atas.ada yg lebih simple dan mujarab, yakni minyak obat herbal kutus kutus. Semoga bermanfaat.

Komentar

Related For Obat Pegal Linu  Alami Yang Aman Dan Manjur