Menu

Obat Perut Kembung Tradisional Yang Aman dan Manjur

February 12, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Perut kembung merupakan gangguan yang terjadi dalam perut, meliputi lambung, usus besar, atau usus kecil akibat adanya angin yang tidak bisa keluar dengan lancar. Rasanya sakit dan jika perut ditepuk akan menimbulkan suara “bung-bung” seperti suara kendang. Orang Jawa juga sering mengasumsikan perut kembung sebagai “masuk angin”. Penyebabnya bisa bermacam-macam, antara lain konsumsi sayur atau  buah yang mengandung gas (misalnya kol, brokoli, kembang kol, kacang polong, atau buah nangka) dan karena hawa dingin.

perut kembung

Ada beberapa cara untuk mengatasi perut kembung, antara lain;

  1. Hindari jenis makanan yang mengandung gas dan perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti beras, kentang, ketela pohon, jeruk, dan sebagainya.
  2. Makanlah dengan porsi kecil namun sering, sehingga dapat mengurangi penumpukan gas dalam perut.
  3. Oleskan minyak kayu putih atau menyeka (menghangatkan) perut menggunakan sebotol air hangat.

Jika cara-cara tersebut belum berhasil, Anda bisa membuat ramuan obat tradisional perut kembung seperti berikut ini;

  • Resep 1

Caranya; Ambil 3 rimpang jahe ukuran sedang, cuci bersih kemudian ditumbuk. Seduh jahe dalam air mendidih. Tunggu hingga beberapa saat selanjutnya tambahkan gula secukupnya. Saring dan minumlah ramuan ini dalam keadaan masih hangat.

  •  Resep 2

Caranya; Ambil jeruk nipis ukuran sedang, cuci bersih dan peras airnya. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih, dan aduk hingga rata. Selanjutnya gunakan untuk mengoles perut Anda.

  • Resep 3

Caranya; Ambil beberapa siung bawang merah dan kupas kulitnya. Selanjutnya parutlah dan tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Kemudian gunakan ramuan tersebut untuk mengoles perut Anda.

  • Resep 4

Caranya; Ambil kayu manis secukupnya dan dicuci bersih. Selanjutnya rebus kayu manis dalam 200 ml air hingga mendidih. Tambahkan gula seukupnya. Selanjutnya saring dan minum ramuan tersebut selagi hangat.

  •  Resep 5

Caranya; Siapkan temulawak secukupnya. Cuci bersih dan ditumbuk. Selanjutnya direbus dalam air sebanyak 200 ml hingga mendidih. Tambahkan gula secukupnya, saring dan diminum dalam keadaan hangat.

  •  Resep 6

Caranya; Ambil jeruk nipis, cuci bersih dan peras airnya dalam 150 ml air hangat. Tambahkan gula secukupnya dan minumlah.

Gejala perut kembung juga sering dialami oleh anak kecil atau bayi. Anak-anak biasanya senang main hujan-hujanan dan tidak segera mengganti bajunya yang basah. Hal ini menyebabkan terjadinya peut kembung. Pada bayi, perut kembung bisa menyebabkan sakit yang disebut “kolik”.

Bayi menjadi rewel dan tak berhenti menangis karena merasa tidak nyaman. Jika ini yang terjadi, cobalah untuk mengatasinya sendiri sebagai pertolongan pertama sebelum Anda membawa bayi Anda ke dokter. Berikut ini cara mengatasi perut kembung pada bayi;

  1. Sendawakan bayi dengan cara memanggulnya ke atas bahu Anda, sambil mengurut bagian punggungnya secara perlahan. Jika bayi berhasil bersendawa, biasanya kembung pada perutnya akan berkurang. Anda bisa mengulanginya beberapa kali.
  2. Baringkan bayi, lalu urut perutnya secara perlahan dari atas ke bawah (dari dada  hingga  ke bawah pusar). Kemudian telungkupkan dan lakukan gerakan yang sama dari punggung atas hingga ke bawah. Gunakan minyak talon atau parutan bawang merah yang dicampur dengan minyak telon.
  3. Setelah selesai melakukan pemijatan, usahakan bayi tetap dalam kondisi hangat dengan melumuri kedua kakinya dengan minyak telon.
  4. Jika suhu badan bayi panas jangan gunakan baju tebal atau selimut yang terlalu rapat, namun gunakan bahan yang bisa menyerap keringat misalnya; bahan katun.

Nah, demikian beberapa cara untuk mengatasi perut kembung pada orang dewasa maupun pada bayi. Semoga bermanfaat.

 

 

Komentar

Related For Obat Perut Kembung Tradisional Yang Aman dan Manjur