Menu

Penyakit Gagal Jantung dan Cara Mengatasinya

February 17, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Gagal jantungatau sering disebut gagal jantung kongestif (Congestive Heart Failure) merupakan sebuah kondisi  ketika otot jantung melemah sehingga tidak mampu memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh. Pada kondisi ini  darah yang dipompa keluar dari jantung memiliki laju yang lebih lambat daripada laju darah yang kembali masuk ke dalam jantung. Hal ini akan mengakibatkan cairan menumpuk pada jaringan.

Faktor faktor penyebab penyakit gagal jantung

Gagal jantung bisa terjadi karena beberapa faktor pemicu antara lain serangan jantung koroner, terganggunya ritme jantung, terganggunya otot jantung (kardiomiopati), peradangan otot jantung (miokarditis), kerusakan katup jantung, penyakit hipertensi, hipertiroidisme, anemia, penyakit diabetes mellitus, dan cacat jantung bawaan sejak lahir.Beberapa gejala yang sering terlihat pada penderita adalah sesak nafas, tubuh penderita terlihat lelah dan payah, serta terjadi pembengkakanpada pergelangan kaki atau tungkai kaki. Penderita juga akan sering buang air kecil pada malam hari, mual-mual, nyeri perut, dan kurang nafsu makan.

penyebab penyakit gagal jantung

Umumnya beberapa gejala tersebut diabaikan karena sebagian besar penderita mengira hanya kelelahan atau penurunan stamina saja, jadi biasanya penyakit baru terdeteksi jika sudah tergolong parah dan penderita selalu ingin menghabiskan waktunya untuk beristirahat karena kelelahan yang dirasakannya. Bagi Anda yang mengalami beberapa gejala tersebut disarankan untuk segera melakukan cek kesehatan ke dokter.

Jika tidak segera ditangani, maka gagal jantung bisa mempengaruhi fungsi organ lainnya, antara lain organ ginjal. Kegagalan menyuplai darah yang cukup ke seluruh tubuh termasuk kurangnya suplai darah pada ginjal menyebabkan ginjal akan gagal mengekskresi garam dan air sehingga tubuh akan menahan banyak cairan kotor yang seharusnya dikeluarkan. Selanjutnya cairan  akan menumpuk pada organ paru-paru, hati, dan usus, yang tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan jangka waktu berkembangnya gejala,  penyakit ini  terdiri dari dua yaitu gagal jantung kronis dan gagal jantung akut. Pada gagal jantung kronis gejala penyakit akan berkembang secara bertahap dalam rentang waktu yang lama. Sedangkan pada gagal jantung  akut, gejala perkembangan penyakitnya relatif lebih cepat.

Gagal jantung akut bisa terjadi tanpa gejala awal sebelumnya, sehingga penderita secara tiba-tiba mengalami gejala yang sudah tergolong parah. Banyak terjadi kasus gagal jantung akut yang mengharuskan penderita untuk rawat inap di rumah sakit karena tergolong kasus emergency dimana penderita memerlukan  penanganan yang lebih serius dan pengawasan dari dokter spesialis.

Untuk menangani penyakit gagal jantung, tahap pertama yang dilakukan adalah dengan memberikan obat penghambat ACE yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Pada penderita yang juga mengalami hipertensi  umumnya dokter akan memberikan jenis obat Beta blockers yang sekaligus berfungsi untuk menstabilkan tekanan darahnya. Jika cara-cara pengobatan tersebut tidak memberikan hasil memuaskan,  umumnya dokter akan menempuh jalan operasi atau cangkok jantung ( transplantasi jantung) untuk menyelamatkan hidup penderita.

Maka, sebelum hal itu terjadi pada Anda lakukan tips berikut ini untuk mencegah timbulnya penyakit gagal jantung;

  • Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Mengkonsumsi sumber makanan yang kaya zat besi seperti sayuran yang berwarna hijau tua dan susu
  • Menghindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan makanan berlemak, serta mengurangi asupan garam
  • Olahraga secara teratur untuk menjaga berat badan tetap ideal
  • Tidak merokok dan hindari paparan asap rokok
  • Hindari minuman beralkohol

Demikian ulasan mengenai penyakit gagal jantung, cara pengobatan, dan pencegahannya.disamping penanganan gagal jantung dgn cara seperti lasan diatas. dapat juga di bantu dgn minyak herbal alami, yang berfungsi untuk membuka chi atau prana tubuh sehingga bekerja normal kembali. Semoga bermanfaat bagi Anda.

 

Komentar

Related For Penyakit Gagal Jantung dan Cara Mengatasinya