Menu

Penyebab Kepala Sering Pusing dan Cara Mengatasinya

February 14, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

kepala pusingkepala sering pusing sering dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat. Jika hanya terjadi sesekali saja mungkin hal itu masih wajar, bisa jadi akibat kepanasan dan keluar keringat yang berlebihan  sehingga tubuh  menjadi kekurangan cairan. Jika ini masalahnya, solusinya mudah; cukup minum 2 gelas air putih sekaligus lalu beristirahat maka pusing akan hilang.

Namun jika gejala pusing sering terjadi, maka perlu diwaspadai karena kemungkinan bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu. Gejala pusing juga bermacam-macam, yaitu kepala pusing terasa berputar, tubuh terasa kehilangan keseimbangan/limbung, dan tubuh seperti kehilangan tenaga/ lemas sehingga seperti mau pingsan, dan lain sebagainya. Penyebab kepala sering pusing antara lain;

  • Penyakit

Kepala sering pusing bisa merupakan gejala adanya penyakit tertentu, yaitu penyakit jantung, hipertensi (tekanan darah tinggi), tekanan darah rendah,  sakit kepala vertigo, penyakit tumor otak, dan penyakit radang otak.

  • Stress

Terlalu banyak masalah bisa menimbulkan stress yang berakibat kepala sering pusing. Umumnya rasa pusing dimulai dari kepala bagian belakang yang menjalar hingga bahu. Selain kepala pusing, otot bahu juga terasa kencang/ tegang.

  • Parfum (Wewangian)

Parfum atau wewangian yang terlalu menyengat terkadang juga bisa menyebabkan kepala menjadi pusing.

  • Zat kimia

Zat kimia yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menyebabkan pusing kepala. Misalnya kafein dan tiramin.

  • Asap

Asap rokok, asap kendaraan, asap pabrik, dan asap pembakaran sampah merupakan gas CO2 dan CO3 yang jika terhirup dapat mengganggu pernafasan sehingga suplai oksigen ke otak menjadi berkurang, akibatnya kepala menjadi pusing.

  • Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan cairan bisa mengakibatkan kepala menjadi pusing.

Pusing kepala umumnya bisa diatasi dengan obat-obatan jenis paracetamol atau jenis pereda nyeri lainnya. Namun sebaiknya Anda mengupayakan cara-cara alami tanpa obat, yaitu;

·         Minum air putih hangat 2 gelas sekaligus lalu baringkan tubuh dengan nyaman. Lepaskan segala persoalan lalu kompres kedua mata dengan irisan mentimun atau kapas basah. Biarkan hingga 15-20 menit.

·         Cobalah untuk menggerakkan kepala perlahan ke kanan dan ke kiri, berulang-ulang hingga otot leher terasa lemas.

  • Lakukan gerakan sujud selama kurang lebih 5 menit. Ulangi beberapa kali.
  • Buatlah ramuan obat pusing tradisional. Anda bisa memilih salah satu resep berikut ini; ada obat yang diminum dan ada pula obat yang bermanfaat sebagai aromaterapi.

Resep 1

Siapkan satu buah jeruk nipis ukuran sedang beserta 1 lembar daunnya lalu cuci hingga bersih.. Daun jeruk nipis ditumbuk hingga halus, tambahkan perasan air jeruk nipis. Aduk rata dan  usapkan pada bagian pelipis,  tengkuk dan bahu.

Resep 2

Siapkan ¼ kg kacang hijau, cuci bersih dan rebus  dalam 3 gelas air hingga mendidih. Minum air rebusan kacang hijau dalam keadaan hangat. Boleh ditambah sedikit gula agar rasanya lebih nikmat. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

Resep 3

Siapkan 1 rimpang bangle (zingiber cassumunar) ukuran sedang, cuci bersih dan diparut. Tambahkan sedikit air, lalu aduk rata. Gunakan parutan bangle ini untuk mengompres dahi.

Resep 4

Siapkan 2-3 lembar daun kencur, cuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Gunakan parutan kencur ini untuk mengompres dahi.

Resep 5

Siapkan  1 genggam daun melati yang masih muda dan 10 buah bunga melati. Cuci bersih semua bahan, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan air secukupnya lalu diaduk rata. Oleskan pada bagian dahi dan dada.

Demikian beberapa penyebab kepala sering pusing dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

 

Komentar

Related For Penyebab Kepala Sering Pusing dan Cara Mengatasinya