Menu

Otot Kejang (Kram), Penyebab dan Cara Mengatasinya

February 5, 2016 | Berbagai Jenis Penyakit

Kram otot merupakan kejang yang terjadi pada otot, sehingga mengakibatkan rasa  nyeri dan sakit.  Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kram, antara lain; olahraga tanpa didahului pemanasan, tubuh terlalu berkeringat sehingga kehilangan banyak cairan dan zat garam, dan lain sebagainya. Maka kita sering mendengar ada seseorang yang mengalami kram perut ketika sedang berenang. Atau terkadang ada orang yang sedang asyik bermain bola tiba-tiba mengalami kram kaki.
Kram terkadang terjadi saat tidur namun bisa pula terjadi secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Jika Anda mengalami kram sebaiknya segera berusaha mengatasinya sendiri karena jika dibiarkan kram bisa berdampak cedera pada otot.
Cara Mengatasi Kram

  1. Dengan pijatan
  • Kram kaki

obat otot kram
Kram ini  biasa dialami oleh mereka yang gemar bermain bola, bermain futsal atau jenis olah raga lain yang melibatkan kaki. Penyebab kram kaki adalah tidak melakukan pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga.
Cara mengatasi kram kaki; Berdiri dengan bantuan orang lain atau berpegangan pada sesuatu (misalnya pohon, tembok, dan lain-lain). Berat badan  dipusatkan pada kaki depan.  Setelah  mengalami kejang yang pertama, maka pijat kaki secara perlahan.

  • Kram betis

Cara mengatasi kram betis; Luruskan bagian lutut, tekan bagian kaki dengan kuat hingga mengarah ke tulang kering. Selanjutnya otot dipijat perlahan untuk melemaskan dan memerikan efek  relaksasi  pada otot.

  • Kram paha

Pada kram paha bagian belakang, lutut  diluruskan lalu angkat kakinya. Pada kram paha bagian depan, lutut ditekuk selama beberapa saat. Jika kram terjadi pada kedua paha, pijat otot dengan kuat.

  1. Menyemprotkan spray pereda nyeri

Cara ini sering dilakukan saat pertandingan sepakbola, yang mana tim medis terlihat menyemprotkan spray ke arah kaki pemain yang yang mengalami kram kaki atau cedera. Spray tersebut mengandung zat  chlor ethyl yang bermanfaat sebagai pereda rasa nyeri/sakit yang sifatnya lokal.

  1. Mengoleskan salep atau menempelkan koyo

Cara lain yang dilakukan untuk  mengatasi kram adalah dengan mengoleskan salep atau menempelkan koyo pereda nyeri pada bagian tubuh yang sakit. Salep, balsam, atau koyo yang memberikan efek hangat berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah  menjadi lancar.
Cara Mencegah Kram

  1. Mandi atau berendam dengan air hangat setelah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Akan lebih bagus dilakukan sebelum tidur malam agar otot-otot menjadi kendur.
  2. Jangan melakukan gerakan meluruskan ujung-ujung jari kaki sebelum tidur karena akan memicu terjadinya kram.
  3. Selalu melakukan gerakan pemanasan sebelum memulai aktivitas yang berat, misalnya olahraga atau mengangkat beban. Dan akan jauh lebih baik jika Anda meelakukan gerakan pemanasan seperti penguluran otot setiap bangun pagi. Jangan lupa lakukan warming up atau pendinginan setelah selesai beraktivitas.
  4. Minum air putih minimal 8 gelas sehari Dan jtambahlah porsinya selama Anda beraktivitas, baik olahraga maupun bekerja.
  5. Mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsium, magnesium, dan potassium, misalnya buah pisang. Pisang sangat baik dikonsumsi oleh para atlet dan para pekerja berat.
  6. Mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin B dan vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan sel dan mencegah terjadinya kram.
  7. Lakukan peregangan otot setiap Anda selesai melakukan aktivitas yang lama, seperti bekerja berjam-jam di depan komputer, melakukan perjalanan jauh, baik berjalan kaki, mengendari motor atau mobil, maupun naik pesawat.

Nah, demikian mengenai otot kejang (kram), penyebab dan cara mengatasinya. di samping cara diatas, anda bisa coba sebuah minyak herbal,yaitu minyak kutus kutus.Semoga bermanfaat bagi Anda.

Komentar

Related For Otot Kejang (Kram), Penyebab dan Cara Mengatasinya