Menu

Perbaiki Kualitas Hidup Untuk Hindari Serangan Jantung Koroner

Serangan Jantung Koroner termasuk dalam penyebab tertinggi kematian di Indonesia, karenanya sangat diwaspadai mengingat beberapa kebiasaan yang tidak tepat dari masyarakat kita akan meningkatkan resiko terhadap penyakit jantung koroner.

Kebiasaan itu seperti mengonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol serta kurangnya olah raga yang rutin. Apabila anda memiliki kebiasaan – kebiasaan ini,tidak ada salahnya jika anda mulai memperbaiki kebiasaan anda ini.

Pengertian penyakit jantung koroner dapat dijelaskan sebagai salah satu penyakit jantung yang terjadi karena adanya penghambatan aliran darah ke jantung. Penghambatan ini dapat terjadi karena penimbunan lemak di dalam arteri jantung yang berakibat pada penurunan suplay darah ke jantung. Penghambatan ada arteri ini disebut dengan aterosklerosis yang juga dapat berakibat pada terjadinya thrombosis atau penggumpalan darah

Tidak hanya karena pola hidup yang kurang tepat. Bagi anda kaum wanita, perlu diwaspadai terhadap kemungkinan terjadinya penyakit jantung koroner pada anda. Pasalnya, penyakit jantung koroner pada wanita menyebabkan kematian yang lebih besar dibandingkan terhadap pria. Serangan jantung koroner pada wanita umumnya ditemukan pada usia yang lebih tua dibandingkan dengan pria, hal ini disebabkan oleh :

  • Terjadinya penurunan hormon estrogen yang juga berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Pada saat seorang wanita memasuki masa menopause, maka resiko terserang penyakit jantung koroner akan meningkat menjadi dua kali lipat. Penurunan hormon estrogen juga akan berakibat pada penambahan kadar lemak dalam darah sehingga semakin beresiko mengalami penebalan pembuluh darah.
  • Perempuan dengan penyakit jantung koroner biasanya mengalami komplikasi yang lebih serius seperti diabetes, hipertensi atau gangguan ginjal. Keadaan ini akan meningkatkan resiko kematian.
  • Penyumbatan pembuluh darah kecil atau mikrovaskular lebih banyak terjadi pada wanita.

Jadi bagi anda kaum wanita, selalu waspadai kondisi kesehatan anda. Tidak ada salahnya untuk sesekali memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter.

Gejala penyakit jantung koroner

seringkali tidak terdeteksi sehingga kerap menimbulkan kematian yang mendadak. Gejala lain yang mungkin terasa adalah rasa nyeri pada dada seperti ditekan – tekan, nyeri pada ulu hati, dan kadang disertai dengan kembung dan denyut pembuluh nadi yang melemah.

Berdasarkan tingkat penghambatan aliran darah, penyakit jantung koroner digolongkan ke dalam dua kategori yaitu :

  • Angina pectoris

Pada keadaan angina, gejala seperti nyeri pada dada akan terasa. Hal ini diakibatkan karena kurangnya suplay darah ke jantung. Gejala angina umumnya sangat mirip dengan masuk angin pada orang Indonesia. Rada nyeri kadang – kadang dapat menyebar ke lengan kiri, punggung, rahang hingga leher. Terkadang disertai dengan pusing dan sesah nafas.

  • Serangan jantung

Disebut juga infark miokard yang terjadi akibat terhentinya suplay darah ke jantung. Penghentian suplay darah ini akan mengakibatkan kerusakan permanen pada sebagian otot jantung atau kematian mendadak sehingga kerap kali tidak terdeteksi. Kematian bisa jadi merupakan satu – satunya gejala yang ditimbulkan karena gangguan ini.

Pengobatan penyakit jantung koroner tidak dapat dilakukan

Penanganan yang dilakukan hanya untuk mengendalikan gejala dan menurunkan resiko munculnya serangan fatal. Beberapa langkah pencegahan dan pengobatan dengan tujuan ini dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut ini :

  • Diet rendah kolesterol.

Cara ini dapat anda lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan berkolesterol tinggi. Anda bisa memilih makanan yang tepat seperti ikan sebagai pengganti daging dan kacang – kacangan. Pastikan juga untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang penting.

  • Olahraga secara teratur
  • Pertahankan berat badan yang normal
  • Tidak merokok dan minum minuman beralkohol
  • Periksakan secara rutin kondisi kesehatan anda

Cara – cara sederhana di atas dapat membantu anda mencegah dan mengobati penyakit jantung koroner. Sayangi jantung anda mulai dengan hal – hal yang kecil dan sederhana.

Komentar

Related For Perbaiki Kualitas Hidup Untuk Hindari Serangan Jantung Koroner