Menu

SAYANGI JANTUNG, TURUNKAN RESIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER

Mendengarnya mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Penyakit jantung koroner menjadi semakin populer terutama setelah berbagai produk makanan dan produk kesehatan menawarkan berbagai cara mengatasi resiko penyakit jantung koroner. Penyakit ini memang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Menurut data, 35 persen kematian di Indonesia disebabkan karena penyakit jantung.Jantung merupakan salah satu organ manusia yang menunjang kehidupan manusia karena fungsinya yang fatal.

Penyebab Terjadinya penyakit jantung koroner

Jantung berfungsi memompa dan mengedarkan darah ke seluruh jaringan tubuh. Darah yang diedarkan mengandung banyak zat penting termasuk nutrisi dan oksigen yang menunjang kehidupan sel tubuh.Penyakit jantung koroner terjadi akibat terhambatnya aliran darah ke jantung.

Penghambatan aliran ini dapat terjadi karena adanya penimbunan lemak di dalam arteri jantung yang dikenal dengan istilah aterosklerosis. Tidak hanya menghambat aliran jantung yang berpengaruhterhadap penurunan suplay darah ke jantung, aterosklerosis juga memicu terjadinya trombosis atau penggumpalan darah.

Aterosklerosis yang nantinya mengakibatkan penyakit jantung koroner bawaan dapat dipicu oleh banyak faktor seperti kolesterol tinggi, diabetes, merokok serta tekanan darah tinggi. Kebiasaan hidup yang tidak tepat seperti pilihan konsumsi makanan berlemak tinggi, kurangnya aktifitas atau olah raga rutin menjadi penyebab utama terjadinya penyakit jantung koroner.

Jika di klasifikasikan maka penyakit jantung di bagi dua yakni Penyakit jantung koroner Angina pectorisatau angin duduk sertaSerangan jantung. Angina pectoris merupakan rasa nyeri yang ditimbulkan pada dada yang bisa terjadi karena kurangnya suplay darah ke jantung.

Sementara itu, serangan jantung atau infark miokard terjadi sebagai akibat dari terhentinya asupan darah menuju sebagian otot jantung yang dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada otot jantung.Penyakit jantung koroner tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dicegah supaya tidak memburuk.

Bagi anda penderita penyakit jantung koroner, sebaiknya anda mengubah pola hidup anda dengan mulai menghentikan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Tubuh membutuhkan kolesterol namun dalam jumlah yang terbatas. Kolesterol yang terlalu tinggi di dalam darah akan menghambat sirkulasi darah.

Cobalah untuk mengatur menu anda, dan beralih ke menu makanan yang tepat seperti ikan dan kacang – kacangan. Apabila anda memiliki kebiasaan merokok atau minum minuman beralkohol, hentikan kebiasaan anda dan ganti dengan kebiasaan lain yang menyehatkan seperti berolah raga.

Tujuan dari pengobatan penyakit jantung koroner adalah untuk mengendalikan gejala dan menurunkan resiko munculnya serangan fatal seperti serangan jantung.Mungkin anda sering bertanya mengenai perbedaan penyakit jantung koroner dan jantung bawaan.

Meski sama – sama menyerang jantung, kedua penyakit ini sama sekali berbeda. Penyakit jantung koroner terjadi karena penyumbatan aliran darah ke jantung, sementara penyakit jantung bawaan terjadi karena kelainan jantung yang sudah terjadi sebelum dilahirkan.

Penyakit ini terjadi karena jantung atau pembuluh darah disekitar jantung tidak terbentuk sempurna ketika masa perkembangan janin berlangsung jadi dengan kata lain penyakit jantung bawaan terjadi sejak kecil sementara penyakit jantung koroner dapat terjadi kapan saja.

Penyakit jantung bawaan juga menjadi kasus penyakit jantung yang tinggi di Indonesia. Menurut data, 8 hingga 10 bayi dari 100  kelahiran hidup mengalami kondisi ini. Namun pendeteksian dini dan penanganan melalui tatalaksana pembedahan memberikan harapan tinggi kepada bayi – bayi yang terlahir dengan kondisi ini untuk dapat hidup secara normal hingga dewasa.

Meskipun berbeda, kedua jenis penyakit jantung ini sama – sama mempengaruhi aktifitas normal jantung anda. Karenanya tetap jaga dan sayangi jantung anda dengan menjalankan pola hidup yang sehat dan tepat.

Namun tidak ada salahnya annda mencoba penobatan herbal minyak kutus kutus, untuk meringankan penyakit jantung ini.

 

 

Komentar

Related For SAYANGI JANTUNG, TURUNKAN RESIKO PENYAKIT JANTUNG KORONER