Menu

Tumor Jantung, Meskipun Jinak Harus Tetap Diwaspadai

March 20, 2017 | Berbagai Jenis Penyakit

Tumor jantung merupakan tumor yang tumbuh pada jantung, baik berupa tumor jinak atau tumor ganas.Sering kali kita dibingungkan dengan istilah tumor dan kanker. Sebenarnya tumor dan kanker tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Secara harfiah, tumor berasal dari kata tumere dalam bahasa latin yang berarti pembengkakan, namun seiring dengan kebiasaan, terkadang tumor disama artikan dengan kanker.

Tidak salah, namun terdapat beberapa hal yang patut dimengerti mengenai tumor dan kanker. Dalam istilah kesehatan, tumor dapat diartikan sebagai lesi padat yang terbentuk akibat abnormalitas pertumbuhan sel, yang dalam bahasa medis disebut sebagai “neoplasma”.

Beberapa kategori Tumor jantung

tumor jantung

Berdasarkan sifat keganasannya tumor dapat dikategori menjadi dua, tumor jinak dan tumor ganas atau kanker. Tumor dapat tumbuh di berbagai jenis jaringan tubuh termasuk jantung.Sel yang mengalami abnormalitas pertumbuhan bisa berasal dari jaringan dalam jantung itu sendiri atau dari organ lain yang kemudian menyebar ke organ jantung. Tumor jantung merupakan salah satu keadaan medis yang langka yang terjadi hanya pada beberapa orang dengan perbandingan 1 kasus pada setiap 2.000 orang.

Pada orang dewasa, setengah dari jumlah kasus tumor jinak yang terjadi adalah myxomas. Myxomas merupakan tumor myxoid pada jaringan connective. Myxomas biasanya terjadi di atrium kanan dan kiri jantung (atrium : ruang atas jantung), namun 86% terjadi pada atrium kiri.

Bukan hanya pada orang dewasa, tumor jantung juga bisa terjadi pada anak. Tumor jantung pada anak dan bayi yang paling umum terjadi adalah Rhabdomyoma. Rhabdomyoma adalah jenis tumor jinak yang terjadi pada otot lurik jantung, baik di dalam jantung (cardiac) atau pada bagian luar jantung (extra cardiac).

Kasus Rhabdomyoma ini sering kali diasosiasikan dengan “tuberous sclerosis” yang merupakan penyakit genetik yang mengakibatkan tumbuhnya tumor jinak pada otak dan  beberapa organ vital tubuh seperti ginjal, jantung, mata, paru – paru dan kulit.

Namun pada keadaan ini, tumor dapat berkurang atau menghilang sepenuhnya, atau tetap ada namun dalam ukuran yang tetap.Dalam bentuk ganas, Rhabdomyoma disebut dengan Rhadbomyosarcoma.

Meskipun sangat jarang tumor jantung pada bayi dan anak ini dilaporkan memiliki potensi untuk berubah menjadi bentuk ganas meskipun dengan kemungkinan dan jumlah laporan yang sangat kecil. Namun kemungkinan itu tetap ada dan patut untuk diwaspadai.

Tumor jantung biasanya timbul tanpa gejala. Meskipun begitu, dapat menimbulkan dampak yang sangat fatal seperti gagal jantung, aritmia atau abnormalitas irama jantung, penurunan tekanan darah dan perdarahan di dalam pericardium jantung.

Tidak hanya pada tumor ganas tetapi juga pada tumor jinak.Keberadaan tumor pada jantung secara pasti akan mempengaruhi kerja jantung. Pada myxomas, sel-sel tumor tersebut dapat runtuh dan ikut mengalir bersama peredaran darah. Keadaan ini dapat memicu terjadinya emboli atau penyumbatan pada pembuluh darah baik pembuluh darah kecil atau pembuluh darah besar.

Karena minimnya gejala yang ditimbulkan, pendiagnosaan terhadap tumor jantung akan sangat sulit dilakukan kecuali dengan menggunakan alat bantu diagnosa seperti EKG, MRI atau CT-scan.

Beberapa alat bantu seperti MRI atau CT-scan dapat memberikan gambaran secara langsung mengenai keadaan jantung, sementara EKG hanya bisa memberikan gambaran tidak langsung melalui gerak kelistrikan yang ditimbulkan jantung.

Tumor jantung jinak dapat diangkat melalui tindakan operasi. Pada tumor ganas, pengangkatan dengan operasi dapat bersifat fatal sehingga terapi kerap dilakukan dengan menggunakan terapi radiasi atau kemoterapi. Perlu pertimbangan yang benar – benar matang sebelum dilakukan tindakan penanganan sekecil apapun. Karena bagaimanapun juga, jantung merupakan organ yang berfungsi sangat penting bagi manusia.untuk itu penting sekali menjaga kesehatan anda di rumah, salah satunya dengan cara menggunakan minyak kutus kutus.

Komentar

Related For Tumor Jantung, Meskipun Jinak Harus Tetap Diwaspadai