Menu

WASPADAI BRONKITIS, WASPADAI LINGKUNGAN SEKITAR ANDA

March 15, 2017 | Berbagai Jenis Penyakit

Penyakit Bronkitis” penyakit ini tentu sudah sering anda dengar, terutama pada iklan – iklan layanan masyarakat tentang bahaya menjadi perokok. Penyakit ini memang rentang terjadi pada perokok. Lalu apa sebenarnya bronkitis dan seberapa besar bahayanya bagi tubuh kita?

bronkitis kronis

Bronkitis merupakan infeksi yang terjadi pada saluran udara utama dari paru – paru atau bronkus yang pada akhirnya mengakibatkan terjadinya peradangan pada paru – paru. Penyakit ini dapat bersifat ringan dan sembuh dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus dapat terjadi secara berulang menjadi suau keadaan patologis yang serius.

Bronkus menjadi bagian dari sistem pernafasan yang berfungsi penting bagi tubuh manusia. Bronkus merupakan kaliber jalan udara pada sistem pernafasan yang membawa udara menuju ke paru – paru. Tidak hanya sebagai saluran udara, bronkus juga berfungsi menangkap debu dan partikel asing yang mencoba masuk ke paru – paru dan mengeluarkannya dari tubuh. Mekanisme ini membantu paru – paru terhindar dari kemungkinan terjadinya infeksi akibat agen infeksi yang mencoba masuk ke paru – paru

Apa penyebab terjadinya Bronkitis?

bronkitis akut

Bronkitis dapat diakibatan karena agen infeksi seperti virus atau bakteri, atau karena agen iritatif seperti debu, asap yang berasal dari asam kuat, amonia, klorin, hidrogen sulfida atau bahan kimia lain, polusi udara atau tembakau dan rokok. Gejala yang ditimbulkannya pun beragam mulai dari batuk berdahak hingga sesak nafas, sakit kepala, gangguan penglihatan, kelelahan sampai pembengkakan pada pergelangan kaki. Secara umum bronkitis dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu bronkitis akut dan bronkitis kronis.

Bronkitis kronis merupakan kondisi bronkitis yang terjadi setidaknya tiga bulan dalam satu tahun dan akan berulang pada tahun berikutnya. Kondisi ini sering terjadi pada orang dewasa di atas usia 50 tahun. Penyebab umum dari bronkitis kronis ini adalah karena rokok atau benda lain yang mengakibatkan iritasi atau kerusakan pada bronkus.

Setiap rokok yang dihisap akan berpotensi merusak bulu – bulu kecil pada bronkus yang berfungsi sebagai penyaring debu atau agen iritan lain yang berpotensi merusak paru – paru. Kandungan rokok dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada silia dan lapisan dinding bronkus sehingga saluran pernafasan anda akan menjadi jauh lebih rentan terhadap kemungkinan terjadinya infeksi.

Sementara itu bronkitis akut merupakan kondisi bronkitis yang tidak berlangsung lama. Gejala yang paling umum pada bronkitis akut adalah batuk. Gejala lain adalah batuk produktif atau batuk berdahak, bersin – bersin, nafas menjadi pendek dan tersengal – sengal, demam dan rasa yang tidak nyaman pada daerah dada. Infeksi biasanya hanya terjadi selama 10 hari.

90% kasus bronkitis akut diakibatkan karena infeksi virus. Virus ini dapat menular melalui udara dari seseorang yang terinfeksi ketika mereka batuk atau dengan kontak langsung. 10% lainnya terjadi karena infeksi bakteri seperti Micoplasma pneumoniae atau Bordetella pertussis, atau agen iritatif seperti debu atau asap.

Kondisi ini sering kali dialami oleh anak kecil. Apabila anak anda mengalami batuk – batuk ringan, bisa jadi mereka sedang mengalami bronkitis akut. Mungkin sering terlintas dibenak anda akan satu pertanyaan ini, bronkitis pada anak apakah menular? Jawabannya adalah ya.. agen infeksius seperti virus atau bakteri dapat menular dan menyerang anak anda terutama ketika kondisi sistem imunitas anak anda sedang kurang baik.

Proses penularan ini dapat terjadi melalui kontak langsung atau menular melalui udara ketika seseorang yang sedang mengalami infeksi berada dekat dengan anda atau anak anda. Agen infeksius tersebut dapat ditularkan ketika seseorang yang terinfeksi mengalami bersin. Bersin sebenarnya merupakan mekanisme normal dari tubuh untuk mengeluarkan agen infeksi, ketika bersin, agen infeksi yang ikut keluar juga akan menyebar melalui udara dan menularkannya pada orang lain.

Untuk pengobatan secara alami jenis penyakit bronkitis ini anda bisa menggunakan minyak herbal kutus kutus, yang memang terbukti dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.dan tanpa efek samping tentunya.

Karenanya, tetap jaga kondisi tubuh anda dan anak anda dan selalu waspada terhadap kondisi di lingkungan sekitar anda supaya terhindar dari penyakit Bronkitis ini.

Komentar

Related For WASPADAI BRONKITIS, WASPADAI LINGKUNGAN SEKITAR ANDA